Review nama^ file,dan cara kerja, serta kegunaan nya di DRIVE C:/System/Data/ (Bagian 2)

Masih sepi neh ?
Pagi^ gini enakan cari yg anget^ kali ya ?.
nih saya share in lagi ,mumpung masih anget juga ,
hhiihih..
Ukee cuy !
Mana semangat membaca nya !
wkekekek..(ketawa ala si Tenot Tenot Baprot),
wk (ktawa ala si mat Noe,dkk)gkgkgk (ktawa ala anak NLI,ga tau siapa penciptanya),
hhihii..(ktwa ala saya nih) hahaha..
Sesuai dan Seusai postingan yg saya share kemaren,dan yang belum baca share kemarin,klik : http://m.facebook.com/home.php?sk=group_165453096819481&view=doc&id=332355656795890&refid=7

Dan di postingan saya SHARE TO FACEBOOK kali ini saya mau menguak kan LAGI! Sedikit tentang jenis^ files yg nangkring di drive C:/System/Data/
dmn files^ ini yg akan saya share pertama BUKAN files milik bawaan en gage, melainkan dr aplikasi^ trtentu yg nylonong masuk gitu aja ke folder 'Data'. Dan bberapa nama files^ TAMBAHAN dari saya yg ketinggalan di postingan share saya kemarin ..
ahihhihi ..
dimari kita baca berdua mata, wk ..

- sw_tman_check.dat : adlah file ini akan muncul dgn sendirinya, ketika kita membuka/menjalankan aplikasi 'AppMan', dan sterusnya akan otomatis ter-save di drive C:/System/Data/.
*dlm file ini trdpt angka^ yg misterius, ga tau dpt angka kya gtu dr mna.

- sw_svc_check.dat : file ini juga akan muncul dgn sendirinya, ketika kita membuka/menjalankan aplikasi 'sVCard'(SmartVCard), dan sterusnya jg akan otomatis ter-save di drive C:/System/Data/
*di dlm file ini jg trdpt angka^ yg sama misterius nya, ga tau deh itu angka bs muncul gitu dr mana.(sperguruan kali) wk..

- appuifwmodule.rsc : adlah file dr bagian modulepack python 1.45 yg ktika kita menginstall python 1.45.sis, file ini akan otomatis ter-save di C:/System/Data/

- Mumsms.db : Seperti hal nya files 'sw_tman_check.dat' & 'sw_svc_check.dat', file ini juga akan muncul dgn sendirinya, ketika kita membuka/menjalankan aplikasi 'MumSMS+' dan dmna file trsebut sterusnya jg akan otomatis ter-save di drive C:/System/Data/
*Jika para en gagers lupa akan memasukan password aplikasi 'MumSMS+', file ini solusi utk mndapat kan kembali password nya, cara nya ; rename Mumsms.db mnjadi Mumsms.dat atau bs jg Mumsms.txt ,jika slesai me-rename klik OK, dan klik OK lagi untuk membuka file trsebut dan cari teks paling bawah sendiri(teks password nya diawali sesudah symbol '@' dan diakhiri angka '0-3' .Ctoh : '@N-Gage0-3'
,disitu teks 'N-Gage' adlah password nya.
*Dan untuk menghapus/menghilangkan password dr MumSMS+, cukup mghapus file 'Mumsms.db' trsebut, maka swaktu mmbuka MumSMS+ tdk akan ada lagi kolom untuk memasukan password.

- MicroPool.dat : pasti gagers skalian udah pd tau, dr nama file nya aja kaya gtu..
File ini guna nya menyimpan settingan nama pemain/player pada game MicroPool,dan dsitu jg trcantum nomor misterius..
hahahh..
- audiofmt.bix & Trackftp.idx : kedua file ini adlah hasil instalan aplikasi ProfiMail yg juga 1paket dgn ProfiExplorer.
ketika kita slesai m'install aplikasi ProfiMail.sis trsebut, dan ktika kita membuka menu maka akan trlihat 2 aplikasi ProfiMail dan ProfiExplorer.
*apabila files 'audiofmt.bix & Trackftp.idx' ini tdk sengaja anda hapus atau en gage anda shabis dformat *#7370#, jangan kaget jika ktika para gagers mmbuka aplikasi Profimail/ProfiExplorer tiba^ di suguhkan dgn layar yg bwarna biru, dan otomatis en gage akan me'restart sndiri.(seperti hal nya LCG Jukebox, krena kedua aplikasi trsebut sperguruan LonelyCatGames).

- multihome.dat : adlah file yg akan muncul di C:/System/Data/
apabila kita mmbuka aplikasi Profimail/ProfiExplorer.

- pdpr.dat : adlah file yg akan muncul dgn sendirinya apabila kita mmbuka/memaikan game 'Dopewars'(game jualan narkoba, wk..) dan strusnya akan trsimpan di C:/System/Data/

- RLPF.dat : adlah file yg akan muncul dgn sendirinya apabila kita mmbuka/memaikan game '3D pet fish', dimana di dlm file trsebut tercantum sbuah nama perseroan terbatas (P.T)/incorporated.

- drsave010.dat, drsave011.dat, drsave012.dat : adlah gabungan files menjadi 1 paket, dari game 'Fisherman'.
* file 'drsave010.dat' adlah file yg menyimpan keygen IMEI hp kita stelah kita memasukan keygen di game 'Fisherman'.Secara game trsebut ga mau dimaenin klo ga memasukan keygen trlebih dahulu..(game jual mahal, gkgkgk..
Sedangkan file 'drsave011.dat' adlah file yg membackup nama profil yg kita pakai untuk brmain game 'Fisherman' trsebut.

- ousr600.dat : file ini muncul ketika kita mmbuka/menjalan aplikasi browser Operamini, disitu trtulis symbol^ huruf yg belum saya translate(maklum ga ada waktu buat onlen ke warnet).Sterusnya file trsbut akan ter-save di C:/System/Data/

#  TAMBAHAN nyee ..

- UnitConverter.ini : file ini scara otomatis muncul dgn sendirinya di C:/System/Data/
ketika kita menjalankan/mmbuka menu 'Converter', jadi jgn pada ngira klo file ini virus.

- CLOCKAPP.dat : adlah file yg scara otomatis muncul dan ter-save jika kita membuka menu 'Clock'(Jam).

- VoCoSModelData.db : adlah file yg scara otomatis muncul dan ter-save jika kita membuka menu 'Contacts' , gkgkgk.. klo ente hapus ni file, jg bkalan balik lagi ..

- SoftNote.dat : adlah file yg scara otomatis muncul dan akan ter-save jika kita membuka menu 'Settings'.

- RealPlayer.ini : adlah file yg scara otomatis muncul dan akan ter-save jika kita membuka menu 'RealOne'/Pemutar video.
Princian lebih jelas tntang file trsebut saya kurang mengerti.

- VoiceRecorder.ini : adlah file yg scara otomatis muncul dan akan ter-save jika kita membuka menu 'Recorder'. File ini ga ga ngefek sama aplikasi^ lain nya, sama halnya files^ yg saya jelasin diatas, dan hanya ngabisin memory telpon aja , T,T walaupun itungan nya /byte sih , ahhihi ..

(*) Kalo ada files^ yg belum ada ato yg belum saya share in di atas, berarti ada dari aplikasi/game di luar yg saya miliki. Kalo ada files yg meragukan di C:/System/Data/ coba deh files ntu di hapus aja(backup dulu klo perlu,siape tau tu file penting di aplikasi ente^),stelah slesai nghapus, restart en gage nya, lalu coba jalankan (satu/satu) smua aplikasi/game yg anda miliki, kira2 ada yg beda/error/ga mau jalan ga dr salah 1 aplikasi/game yg djalankan tadi. Kalo iya, brarti emg itu files di game/aplikasi yg anda hapus tadi.

Uke sob, itu dulu ya share kali ini dari saya, kalo ada yg salah mohon di benarkan ..
Semoga b'manfaat buat para gagers^ NLI newbie maupun senior.
Next Time akan saya share lagi all about in drive C:/
*_* thanks gan.. dibelain cape^ yg baca ! hahah..
kaabur lagi aah ..
:cling!:

Review nama^ file,dan cara kerja, serta kegunaan nya di DRIVE C:/System/Data/ (Bagian 1)

wwHOKE ! ! ! !

Seperti dan sesuai yg saya janjikan kemarin ,saya mau berbagi/SHARE sedikit tentang nama^ file, cara kerja, serta kegunaan nya di folder C:/system/Data/
(pokok'e menguak misteri nama^ file di dlm folder 'Data', biar pd kagak takut maen2 di folder 'Data',wk..)

** nama^ file yg di dlm folder 'Data' trsebut adalah berupa file standar/file bawaan yg dimana di dalam folder 'Data' trsebut belum dimasuki/belum trcampur dgn file2 lain yg trkadang kita menginstal/membuka bberapa aplikasi/game yg kemudian kita tak tau kalo ada bberapa file yg hbis kita mmbuka bberapa aplikasi dan data instalan aplikasi/game trnyata masuk di folder 'Data' tsebut,dan jumlah nama file^ bwaan n gage yg brada dalam folder 'Data' tsb adalah 18 file(blum trmasuk file yg brada di dlm folder Data/Cbs dan Data/wapstore).
buat para dedengkot gagers^ newbie maupun yg udah senior,smuga pengetahuan saya ini bermanpa'at !
# nama nya jg pke bhasa spengetahuan saya,jd mohon dimaklumi,kalo salah tutur kata,mohon dbenarkan ..uke gan?wkwk..
(jgn bosen dlu gan yg baca, lanjutin baca nya yak!Wk..)
Ini file yg namanya agak asing sama yg biasa nya gagers^ udah pada tau yg ada di drive C:/system/data/
apa salahnya sih kalo kita berbagi2 PENGETAHUAN ???



- Applications.dat :
menurut saya: adlah sbuah file yg menyimpan bberapa nama^ folder di 'Menu' yg pernah telah kita buat dan nama Operator celluler yg skarang kita pkai.

- btstate.dat : adalah nama file dari pada nama p'angkat bluetooth kita.

- CACerts.dat : adalah nama file untuk penyimpanan SERTIFIKAT pd hp kita.

- smssegst.dat : adalah file yg mnyimpan pesan trkirim/sms trkirim yg udah numpuk brbulan2 lama nya,tp file trsbut hanya dpt mnampilkan ptongan/sbagian sms dr sms yg prnah dulu kita kirim.Di dlm file tsbut jg mncantumkan nomer yg dlu prnah kita kirim sms,(jd klo dlu kita prnh sms an sama pcar n skrg jd mantan(wkwk),ato tmen,ato sapalah..otomatis msih nyangkut di file 'smssegst.dat', itu jg klo ente2 pd masih hafal siapa yg pnya nomer2 di file trsbut) wk..

- smsreast.dat : file ini kbalikan dr file 'smssegst.dat',yaitu menyimpan pesan/sms yg kita terima ,tp tdk smua pesan/sms(cuma bberapa sms aja; 2-5sms).

- Logdbu.dat : adlah sbuah file yg bkerja mncatat & mnghitung jumlah per/kb atau per/byte ktika kita mngirim sms atau ktika kita mggunakan fitur browser GPRS(entah itu browser bwaan,Opera,UCWEB).tp dsini file Logdbu.dat hanya m'hitung/m'catat jumlah proses penerimaan per/kb per/byte scara ringkas/lbih sdikit,trgantung dr padat/tidaknya akses GPRS yg sdg kita gunakan.Singkat kata Logdbu.dat juga adlah file GPRS counter.

- CntModel.ini : file ini gunanya menyimpan nomor yg udah diatur untuk fitur panggilan cepat/speed dialing yg dmna fitur speed dialing trsebut berkeadaan tmpilan depan layar hp masih standby. - backgroundimage.mbm : ini adlah file yg mnjadi wallpaper di hp anda,klo anda hpus ini file,trs hp direstart, jgn kaget klo wallpapernya cuman layar putih.wkwk..

- Bookmarks.db : guna nya buat nge-save alamat^ site yg udah anda buat bookmark di browser bawaan n gage sama bookmark bwaan n gage.

- Notepad.dat : kalo ini file backup an data di menu catatan/note.
- msgs.ini : nah, ini file fungsi na buat mncatat/mnghitung brapa kali kita gunain MsdrivE untuk memindah memory pesan C:/ ke E:/ trs kbalikan nya mindah memory pesan E:/ ke C:/.


- Dtstor.ini : File ini gunanya utk mnyimpan pngaturan format video yg dpt diputar pd n gage kita atau bisa dibilang pncatat video yg brformat apa aja yg prnah kita play di n gage entah itu pake Realone,Emblaze Player,DivxPlayer,yg dmn nama file aplikasi yg dpt memutar video2 trsebut ikut serta dicantumkan di dlm file tsb.
Contoh video; 3gp,mp4,avi,dll.


- MediaServer.ini : ini dia file yg membuat bikin penyebab n gage trkadang kumat error muncul tulisan 'Apl.Closed MediaServer'.Pnyebab nya jg ada hbungan nya sama libs gim n gage gan.Saya saran kan klo trjadi error kya gtu,lgsung kabur ke C:/system/data/lalu cari itu file,trs lgsung delete,slesai lgsung restart hp,tp klo masih muncul lgi coba di delete lgi dan saya saran kan kamu pake/ganti libs yg ini : http://www.EMPATshared.com/file/VmrTa8m7/Ngages_the_best_libs_files_for.html
(itu diganti angka '4' gan)
NB: juga antisipasi buat libs yg sbelum nya udah terpasang di E:/System/Libs
ada yg ga cocok n biar ga crash sama libs di drive Z:/System/Libs/
MediaServerStub.exe
wktu open/load game/ketika suatu proccess berjalan.+
n gage saya ngacir maenin game pake libs itu.

- cdbv2.dat : ini file mau diapa2in tempat nya emg bener di folder 'Data', mau di delete, dipindahin ke folder lain lah, mau di attribute nya di edit pke hex editor/hex viewer lah,
Tetep aja nihil ga bisa.
'cdbv2.dat' ini trmasuk dlm kategori file running non-stop, bkerja stiap wktu slama layar hape menyala,wlwpun kita tdk sdg memakai/open game, aplikasi,file 'cdbv2.dat' tetep bkerja,ini bukan termasuk proccess, tapi file ini adlah System.

- contacts.cdb : ini file sama perincian nya sama kaya yg diatas ini (System).

- Template.n01 : Seperti yg dikatakan sama gagers Imam kmarin, fungsi file adlah backup an kalimat sapaan/suruhan dr 'template' di dlm menu pesan. * di Folder Data/cbs/

- cbs0.dat : file ini ialah brfungsi pncatat kapan hape kita terakhir kita hardreset dgn m'gunakan tombol *#7370#

- cbs2.dat : file ini fungsi nya sama dgn "cbs0.dat", BEDA nya file ini mencatat wktu dmn RAM(Random Access Memory) akan memulai bkerja stelah Hape kita di hidupkan. File ini jg mempunyai karakter & kategori cara kerja yg sama dgn file 'cbs3.dat' di dlm drive D:/cbs. Inti nya ke 3 files ; cbs0.dat, cbs2.dat, bs dibilang files trsbut adlah anggota dr system RAM yg sama tp beda folder/tempat dmn RAM sesungguh nya brada di drive D:/cbs/ .

# Files^ di dalam folder 'Data' yg masih misterius & belum terpecahkan menurut saya ..

- NITZ.dat : File ini mnurut saya file tak brguna, di delete/copy/cut bisaa, tp jika n gage direstart, tiba2 aja file ini muncul lagi!Pdhal itu files udah dhapus,virus jg bukan.
Udah saya oprek2/jelajah kmana2, tp ga ada hasil untuk fungsi & kegunaan file trsebut,apa mgkin saya kali ya yg blum tau pasti??wk..:dodol:

- fm_check.dat : file ini jg tak brguna & aneh, kaya file 'NITZ.dat',sungguh misterius..
- NdpServ.hal
- devlist.dat
- wapreast.dat

_ Oke ..itu dulu ya gan sob bro para gagers ..klo ada yg ditanyakan silahkan hubungi pesan pesan dibawah ini,wkwkwk..(lu kira ni kuis)

saya udah capek ngetik nya..T,T maklum pake si classic ngetik na.
dan Share besuk/selanjut na, adlah menguakk nama files^ di drive C:/System/Data.
dmn files^ trsebut bukan bawaan dr n gage mlainkan dr file aplikasi lain atau dr settingan hp yg kita tak ketahui..
(ngrokok dulu gan...)
makasih yee dah capek^ ngbaca nyee ..
wk..
kabuur aah..
:cling!:

**Tips Pasang MMC Baru (khusus 512mb-1gb perawan) biar ngga Corrupt/Auto remove

Tips dari ane(berdasarkan pengalaman ane, mudah2an berguna yah)

**Tips Pasang MMC Baru (khusus 512mb-1gb perawan) biar ngga Corrupt/Auto remove

***1. Format MMC

1. MMC baru dg ukuran diatas 512MB biasanya kaget kalo langsung di pasang di N-gage tanpa proses Ta'aruf terlebih dahulu, nah, karna itu media format sgt penting pada awal perkenalan MMC dg N-gage

2. Install fix QD/fixss & Fileman/seleq/fexplore di C:\, masukin aplikasi tsb via Bluetooth ato mmc lama yg masih bagus

3. Masukkan MMC baru yg masih kosong (jgn di isi dulu yah!!) ke slot mmc (u/ menghindari hal2 yg tdk diinginkan, N-gage/N-gage QD harus dalam kondisi off).

4. Nyalain N-gage, buka folder Tools/Memory, Format MMC Via N-Gage, oh ya, dlm hal ini Battery N-gage juga Harus Full yah, ato paling ngga fomat mmc sambil Charge HP, soalnya klo format MMC gde di N-gage bisa makan waktu berjam2

5. atau kalo mau cepet formatnya, bisa juga pake Nokia 7610(recommended)/N70

***2. Mengisi MMC

1. Nahh, setelah selesai di format, silakan isi MMC dgn file2 yg sudah di siapkan via PC secara bertahap. maksud saya, kalo MMC yg akan di isi 1 gb, isi MMC tsb 1/4 bagian dulu, soalnya kalo langsung penuh biasanya MMC kaget.

2. Setelah MMC di isi 1/4 bagian melalui PC, buka My Computer, Klik kanan pada direktori MMC di PC (misal F:\), plih properties/Tools/Check now, centang 2 kotak kecil di atas, lalu klik start, langkah ini dilakukan u/ memeriksa dan menyortir file2 yg error dan berresiko membuat MMC Error. jika ada, file2 error tsb akan kita temukan di N-gage pd folder Found00 di E:\. nah dlm hal ini, kalo ditemukan file di folder tsb, itu berarti akan ada salah satu game/aplikasi yg tidak berfungsi karena file part nya di pindahkan ke folder Found000

3. Setelah itu, Masukan MMC ke Slot MMC dg HP dalam kondisi Off (recommended), nyalain HP nya, silakan di test

4. untuk pengisian selanjutnya(sampe penuh) silakan ulangi langkah di atas

Untuk mengatasi masalah MMC corrupt, atao MMC ke Remove sendiri trus Corrupt, nti ane share di tulisan berikutnya


Semoga bermanfaat yah

THE SIMS (Mission tutorial)

nie buat yg bngung maen the sim ane ksih tutornya

THE SIMS BUSTIN OUT (mission tutorial)
W A L K T H R O U G H

File 1:
Mission 1: Meet Uncle Hayseed (Activation: Talk To Uncle Hayseed)
* Befriend Your Uncle (Relationship 30%)
* Give Uncle Family Photo Album Mission
2: Welcome To SimValley (Activation: Talk To Uncle Hayseed)
* Find Something To Eat(Refrigerator Or Stove)
* Take A Nap(Bed Or Couch)
* Take A Shower
Mission 3: Inherit The Barn (Activation: Talk To Uncle Hayseed)
* Decorate The Barn With The Wooden Chicken
* Bring Uncle's Broken TV To The Barn
* Bring Uncle's Broken Fridge To The Barn
* Move The Old Couch Into The Barn
* Move The Bed Into The Barn Mission 4: Farmhand Blues (Activation: Talk To Uncle Hayseed)
* Tune Up The Tractor
* Fix The Old Refrigerator
* Fix The Old Television
Mission 5: Earn Some Simoleons (Activation: Talk To Uncle Hayseed)
* Mow The Lawn
* Get A Promotion
File 2:
Mission 1: Escape Of The Chickens(Activation: Talk To UncleHayseed)
* Bring 8 Chickens To Your Uncle
* Find Detective Dan Mission 2: Shopping Time (Activation: Talk To Uncle Hayseed)
* Sell The Old Couch To The Bartender
* Buy A Shower
* Place Shower In The Barn Mission 3: Serve The Public (Activation: Talk To Detective DanD. Mann)
* Become Pals With Nora (Relationship 10%)
* Attend General Store Auction(5pm To 7pm)
Mission 4: Clear The Roadblock (Activation: Talk To Dusty Hogg)
* Calm Dusty Hogg (Relationship 25%)
* Return Dusty Hogg's Missing Helmet
* Fix Dusty Hogg's Bike
Mission 5: Get Some Wheels! (Activation: Talk To Dusty Hogg)
* Tend Bar At The Burning Spoke(Once Complete Talk To Dusty Hogg For The Next 3 Goals)
* Paint Dusty Hogg's Bike
* Collect 5 Alluminum Cans
* Bring Cans To VirtuChem Mission 6: Moving Out (The Clock Tower/Activation: Talk To Uncle Hayseed)
* Get Help From Giuseppi Mezzoalto
* Make 1 Friend (Relationship 50%)
* Give $500 For Rent To Your Uncle
* Earn A Second Job Promotion
File 3:
Mission 1: At The Waterfront(Activation: Talk To Olde Salty)
* Impress The Fisherman (Relationship 40%)
* Earn Mechanical 2
* Buy A Fishing Pole(At The General Store)
* Buy A Good Fishing Book(At Nicki Knack's Bric-A-Brac) Mission 2: The Raging Chicken Competition (Activation: Talk To Vernon Peeve)
* Earn Body 2
* Impress Eddie Renalin (Relationship 40%)
* Pay The Membership Fee Of$200
Mission 3: Library Card (Activation: Talk To Hester Primm)
* Destroy All 15 Bookworms
* Get 3 Books From Other Sims
* Return 3 Books To Hester
* Learn Cooking
Mission 4: The Rise Of Club Rubb (Activation: Talk To Bucki Brock)
* Get Permission From The Original Owner(Maximilian Moore)
* Befriend The Cop That Closed The Club (Detective Dan D. Mann/Relationship 30%) * Pay $1,000 Back Taxes
* Ditribute 10 Flyers To Other Sims(Obtain The Flyers At Nicki Knack's Bric-A- Brac)
Mission 5: Deep Dark Secrets (Activation: Talk To Giuseppi Mezzoalto)
* Acquire A Crowbar(From Uncle Hayseed)
* Find The City Blueprints(In The Clock Tower's Basement) * Lower The Maintenance Ladders
* Give Blueprints To Giuseppi Mission 6: Moving Out (The Waterfront Villa/Activation: Talk To Nicki Knack)
* Make 4 Friends
* Earn $3,000 For Rent
* Earn 2 Job Promotions(Bait Flinger Or Power Lifter)
File 4:
Mission 1: Experience The Paranormal(Activation: Talk To Claire Clutterbell)
* Pick The Rusty Lock
* Find A Ghostly Gift(The Urn In The Steam Tunnels)
* Learn "Crazy Talk"(Logic 4) * Answer The Ghost's Riddles (1=2, 2=Banana, 3=11, 4=H, 5=A Glove)
Mission 2: Art For Art's Sake (Activation: Talk To Daschell Swank)
* Navigate The Maze To "Lover's Leap"
* Paint A Beautiful Seasape
* Sell Your Masterpiece To Daschell
Mission 3: Rock Star (Activation: Talk To Mel Odious)
* Find A Place To Jam(Talk To Uncle Hayseed)
* Get Noticed (Popularity 25%) * Devolop A Look(Creative 3/Charisma 2)
* Acquire One Cool Guitar(Talk ToGiuseppi Mezzoalto)
* Impress The Local Band Leader (Vera Vex/Relationship 50%)
Mission 4: Pizza Pandemonium (Activation: Talk To Lottie Cash)
* Befriend The Cook (Chet R. Chase/Relationship 60%)
* Prove Your Worth(Cooking 5)
* Pay The Show Entry Fee Mission 5: Champion Of The Simverse (Activation: Talk To Daddy Bigbucks)
* Catch The Veloci-Rooster
* Beat Bullriding Record(Body 6/Full Rest Meter)
* Knock Out Mad Willie Hurtzya(AtThe Gym/Rapidly Press "5") Mission 6: Moving Out (Imperial Estates/Activation: Talk To DaddyBigbucks)
* Make 8 Friends
* Earn $10,000 For A Down Payment
* Earn 3 Promotions(Jam Session Or Pizza Chef)
File 5:
Mission 1: A Monumental Accomplishment(Activation: Talk To Detective Dan D. Mann)
* Find Sculptor's Number(Talk To Daschell Swank)
* Hire A Sculptor
* Collect 30 Aluminum Cans
* Gain Popularity 50%
Mission 2: The Loony Lemmings (Activation: Talk To Duane Doldrum)
* Find The Cliffs(First Complete Pester The Lifeguard, Staircase By The Country Cafe)
* Pester The Lifeguard(Misty Waters/Relationship -50) Mission 3: Take Over The Town! (Activation: Talk To Nora Zeal-Ott)
* Give $10,000 Fee To Nora
* Gain Popularity 60
* Persuade O. Phil McClean To Drop Out(Relationship -50) Mission 4: Mysteries Of The Cosmos (Activation: Talk To Maximilian Moore)
* Make A Significant Scientific Discovery(The Rocket In The Barn's Basement)
* Get A Grant From Daddy Bigbucks (Relationship 80%)
* Earn Logic 7
Mission 5: Aprehend The Van Man(Activation: Talk To Vera Vex)
* Convince Detective Dan D. Mann To Set Up A Sting (Relationship 60%)
* Acquire The Camera(At Nicki Knack's Bric-A-Brac)
* Get A Picture Of The Crime(At Uncle Hayseed's House) Mission 6: Summer's End (Activation: Complete The First 5 Missions)
* Make 13 Friends
* Earn 3 Promotions(Mad Scientist Or Cliff Diver)
* Repair The Rocket
* Move The Rocket To The Mansion(Circular Platform In The Backyard)

FAQ : Frequently Asked Questions

Frequently Asked Questions ( pertanyaan yang sering diajukan )
Q : Question (Pertanyaan)
A ; Answer (Jawaban)


Q: Apa perbedaan dari N-Gage qd dan N-Gage classic?
A : Kalau sistem operasi yang digunakan tetap sama, yaitu menganut os symbian v.6.1 (s60v1), perbedaan yang mencolok hanya pada segi body aja, N-Gage Classic ukurannya lebih besar, support MP3 radio dll. sedangkan N-Gage QD ukurannya lebih ringkas, lebih mungil tapi sayang sekali justru fitur mp3 dan radio dihapus oleh pihak Nokia.

Q : Bagaimana Cara menginstall / memasang aplikasi Atau Game di Nokia N-Gage?
A: Aplikasi dan game N-gage menganut 2 sistem yaitu system symbian dan java, kalau untuk java, silakan langsung diopen atau diuka saja, namun gak semua aplikasi java dapat diinstall. karena N-Gage hanya mendukung java Midp 1.0, file berextensi *.jar atau *.jad (download). sedangkangkan game dan aplikasi java sampai saat ini sudah mencapai diatas midp2.0. sama halnya dengan yang java. cara install apliksi atau gamees symbian tinggal buka saja game atau aplikai lalu install,file berextensi *.sis.

A ;  Mengapa Saya tidak bisa menginstal game atau aplikasi Symbian di N-Gage?
Q : Kemungkinan..
  • Pertama: periksa sisa memory internal , tepatnya di drive c : lihat properti dan sisa memory, silahkan dicopy terlebih dahulu atau dibackup ke memory external, kemudian Install.
  • Kemungkinan tiak bisa diinstall karena mungkin aplikasi tersebut memang tidak kompatible dngan perangkat N-Gage anda. mungkin saja untuk symbian v2 atau v3.
  • Kalau   Filenya Diatas Mb, sebaiknya diinstall Menggunkan PC. Untuk Cara Menginstall Game Berukuran Besar, Bisa Membaca Artikel di   https://plentiswae.wordpress.com/2010/01/12/tips-install-aplikasi-symbian-tanpa-ponsel/

Q : Bagaimana sich cara install Game N-Gage berextensi .blz ,*.zip ,*rar?
A : silahkan Cek http://ngagelover.blogspot.com/2009/02/cara-nginstal-game-di-n-gage.html

Q : Kenapa ya ? N-Gage Arena kok Gak Bisa diakses?
A : Itu karena memang server N-Gage Arena sudah ditutup, apalagi N-Gage kita v1, yang Next Generation (N-Gage 2.0)aja sudah ditutup dan tidak dikembangkan lagi. . . Mengecewakan ya :)

Q : Apa beda N-Gage v1 dan N-Gage Next Generation(N-Gage 2.0)?
A : N-Gage 1 : Merupakan Nama Yang diberiak Pada sebuah Handset kayak N-Gage Classic Dan N-Gage QD. Sedangak N-Gage 2.0 itu lebih tepatnya sebuah platform (aplikasi launcher Game) yang dapat dijalankan pada Perangkat symbian v3 , seperti nokia N95, N81 dsb. tapi sekarang juga sudah dapat dimainkan di nokia yang sudah dihack.. all s60v3 dan symbian v5.

Q : Bagaimana Cara Hard Reset (Format) N-Gage?
A : Tekan *#7370# , lalu masukan kode pengaman ponsel kamu, kode pengaman adalah 12345.

Q : Kode kode yang berjalan pada N-Gage?
A : *#7870# untuk mengembalikan pengaturan default pabrik pada N-Gage, dan tidak akan menghapus Data data. *#2820# untuk melihat alamat BlueTooth, jika tidak tampil, maka driver atau ic bluetooth sudah rusak. *#0000# untuk melihat firmware dan tanggal N-Gage kita dilahirkan.dan *#06# untuk melihat Nomoe IMEI pada perangkat kita.

Q : Dimana tempat Download Game N-Gage?
A : Silahkan acak acak dokumen group ini, kemudian masuk daftar weblog N-Gage Lovers Indonesia. hampir 80% menyediaka link buat download Game N-Gage.

Q : Dimana saya bisa mendownload PC Suite N-Gage?
A : disono http://bootstrike.com/NO_DIRECT_LINK_Pls_mn3/articles/NGageFaq/N-Gage_PCSuite_16.04c_Web_en.zip

Q: n-gage ane sering eror om :(
A: coba lepas mmc, jalankan mode save (tekan tombol pensil saat menyalakan) , jika masih, reset aja dg *#7370#

Q: n-gage ne dinyalakan cuma blank putih/cuma nyampe bacaan nokia :(
A: mgkin perlu di flash :)
solusi sementar:
1.nyalkn tanpa mmc :)
2.tetap tanpa mmc. nyalakan sambil tekan tombol pensil 3.tanpa mmc, iseng j coba 3 jari :p4 menit yang lalu · Suka

   Yang lain nyusul yak :D , Atau silahkan diedit :D , maaph ya gan kalau postinag ane berantakan . . . Newbie soalnya :) . Semoga Membantu. . .

IMO W8800,Ponsel Dual On Disain ala Game Konsol Portable


Booming Nokia N-Gage nampaknya bakal terulang kembali. Pasalnya, konsep game konsol portabel yang dikolaborasikan dengan teknologi seluler kini kembali marak. Tengok saja Sony Ericsson dengan Xperia Play-nya, Samsung juga tengah mengembangkan gadget serupa hingga merk lokal yang terang-terangan ‘menjiplak’ disain Nokia N-Gage (G.plus G-928). Dan kini, giliran IMO hadir dengan ponsel berdisain ala game konsol portable, yakni IMO W8800.
Bentuknya memang tak mirip Nokia N-Gage. Lebih lonjong dan ramping layaknya Sony PSP (PlayStation Portable). Namun, IMO W8800 ini memiliki struktur keypad dan game key yang mirip Nokia N-Gage. Posisi keypad dan game key mengapit layar sentuh berukuran 2.8 inci. Untuk memudahkan pengguna mengakses fitur game, IMO W8800 juga menanamkan tombol khusus berikon gamepad.
Seperti kebanyakan ponsel game merk lokal, IMO W8800 juga mengandalkan emulator NES (Nintendo Entertainment System) sebagai media untuk bermain game. Berdasarkan bocoran yang didapat thePONSEL, IMO W8800 bakal didukung dengan lebih dari 2000 game Nintendo.

Untuk fitur lain, IMO W8800 tetap mengakomodasi fasilitas khas ponsel merk lokal kebanyakan. Sebut saja Dual On GSM, MP3/MP4 player, radio FM, Dual camera, slot microSD serta koneksi Bluetooth. Buat yang ingin internetan, IMO W8800 juga sudah mendukung network data GPRS plus li nk akses social networking dan chatting.
Spesifikasi:
Jaringan: Dualband GSM (900/1800 MHz) & Dual On; Dimensi: 128x58x16mm; Layar: 2.8 inci, TFT touchscreen 256k warna QVGA, landscape; Platform: MT6253; Transfer data: GPRS; Kamera: Dual camera, video recorder; Memori internal: 1Gb NandFlash+512Mb DDR SDRAM; Memori eksternal: microSD; Messaging: SMS, MMS; Konektivitas: Bluetooth, kabel data, audio jack 3.5mm; Browser: WAP; Fitur lain: Polifonik (MP3), MP3/MP4 player, radio FM, Java, NES Game, Side keypad + Game key, Phonebook 1000 entri, Facebook, Twitter, chatting application, calendar, calculator, alarm, speakerphone; Baterai: Lithium ion 1800 mAh with Nokia charger compatible

hp yang mirip dengan n-gage qd



Buat maniak game, pastinya bakal kepincut dengan ponsel lokal satu ini. Ya, G.plus G-928 namanya. Ponsel ini bisa dibilang sebagai reinkarnasi Nokia N-Gage. Wajar, konsep disain serta struktur panel navigasi yang dihadirkan ponsel ini memang mengadopsi hampir 100% bentuk N-Gage.
Jajaran keypad alfanumeriknya ada di sisi sebelah kanan layar. Sedangkan sisi kiri, dihiasi panel navigasi yang sekaligus berfungsi sebagai tombol game, berjajar dengan tombol call (SIM 1 & SIM 2).
Nah, untuk game-nya sendiri G.plus G-928 mengandalkan game mini garapan Nintendo via software emulator yang dikenal dengan NES (Nintendo Entertainment System). Meski begitu, ponsel yang juga mendukung kemampuan Dual On ini tetap kompatibel dengan aplikasi/game berbasis Java. Menariknya lagi, G.plus G-928 juga support Gravity Games loh.
Untuk fitur lain, G.plus G-928 juga menyediakan kamera, MP3/MP4 player, slot kartu microSD, koneksi Bluetooth serta speaker stereo. Buat online, ponsel game ini didukung network data GPRS, link Facebook, Opera Mini, Yahoo! Mobile dan Twitter.
Spesifikasi:
jaringan: Dualband GSM (900/1800 MHz) & Dual On; Layar: 2.2 inci, TFT Color; Transfer data: GPRS; Kamera: VGA, Video recorder; Memori eksternal: microSD; Messaging: SMS, MMS; Konektivitas: Bluetooth, kabel data; Browser: WAP, Opera Mini; Fitur lain: Polifonik (MP3), MP3/MP4 player, Java, NES game emulator, Gravity Games, Facebook, Twitter, Yahoo, Calendar, calculator, Stereo speaker, alarm, speakerphone; baterai: Lithium ion

hp dengan proyektor


Samsung Electronics and Texas Instruments have announced the new innovative Samsung Projector Phone (Model: I7410 for European ; W7900 for Korean), which the companies claim as the first mobile phone with embedded projection in a contemporary form factor, utilizing DLP Pico Chipset from Texas Instruments.
samsung-w7900-i7410 “Working together, Samsung and Texas Instruments, DLP products have made headway in a currently untapped market,” said Wonsik Lee, Vice President of R&D Planning Team at Samsung Electronics. “This is an exciting time for the mobile phone industry as we transform the limitations of the mobile phone viewing experience to compelling image sizes that really adds significant value to both business and consumer users.”
According to the release, the full-featured Samsung Projector smartphone can project content with flexible image sizes up to 50-inches, depending on ambient light conditions.
Impressive Features Of Samsung projector phone (I7410):
  • Multiple applications that can be enhanced by the projection feature, including Sharing Powerpoint Slides, Viewing Email Attachments, Viewing pictures, Watching videos, and even using the projection feature as a Flashlight
  • DLP Pico chipset technology
  • 5 megapixel camera
  • High-resolution color OLED touchscreen
  • Intuitive flick navigation to view presentations and photo slideshows
  • Ultra-contemporary sleek and lightweight design
  • Integrated audio speakers
“With the production of the DLP Pico chipset first announced a year ago, Samsung and DLP are proud to launch the first implementation of the DLP Pico Chipset technology in mobile phones,” said Frank J. Moizio, Manager, DLP Emerging Markets business. “These Samsung phones instantly turn any situation into a media viewing opportunity. While tiny by nature and easily able to fit into a mobile device, the DLP Pico chipset produces stellar image quality and gives the freedom to project content onto practically any surface.”
The new compact and lightweight Samsung projector smartphone is expected to hit Korean market (W7900) later this month and soon to be available in European market (I7410) as well.

hapus virus yang suka ngirim sms sendiri



Mungkin udah banyak yang posting ni cara di blog laen,,,tapi saya percaya masih ada banyak orang yang ga tau tentang ni cara,,,untuk itu kali ana saya akan posting tentang cara hapus virus symbos,,,
*virus symbos
Aktifitas Virus
Yang dikerjakan virus ini adalah, selain dia hobinya smsan terus, dia juga merubah setting sms agar pesan yang dikirim tidak tampil di pesan terkirim, dan menonaktifkan penerimaan laporan pengiriman. kamu bisa cek di log pasti akan ada banyak sekali sms keluar tanpa sepengetahuamn kamu. Jika kamu mengalami hal yang serupa, mungkin handphone kamu telah terinfeksi oleh virus yang sama.
Cara membunuh virus
Virus tersebut memiliki file antara lain MediaPlay.exe, encode.dat, SrvMail.exe, MediaPlay.mdl, mungkin masih ada file milik si virus yang tidak disebutkan, karna saya mencurigai file-file itu saja. kemampuan analisa ku cuma sampai segitu.
Untuk menangani virus ini, kamu perlu menginstal beberapa program ke dalam system symbian kamu. karena belum ada antivirus yang dapat mendeteksi virus ini. saya sudah mencoba melakukan scanning menggunkan netqin antivirus dan beberapa antivirus lainnya, tapi tidak ada hasilny.berikut langkah-langkahnya untuk membunuh virus tsb:
1. install program/aplikasi filke manager dan proses manager pada sistem symbian kamu. ( yang aku pakai adalah x-flore, dan Taskspy.
2. Setelah kedua aplikasi tersebut terinstall, buka TaskSpy untuk melihat aplikasi apa saja yang berjalan di belakang background. pada tab processes, cari program MediaPlay.exe dan SrvMail.exe. Matikan proses kedua program tersebut dengan cara pilih option->Process->Kill.
3. Kini virus tersebut tidak melakukan aktifitas apa-apa. selanjutnya buka aplikasi fileman. Masuk ke dalam directory C:\System\Apps\MediaPlay, kamu akan menemukan file MediaPlay.exe (6,32 kb) dan encode.dat (79,36 kb) pada folder yang sama yaitu folder MediaPlay. hapus folder MediaPlay tersebut. sekarang folder dan filenya tidak akan muncul lagi, karna proses si virus telah kita matikan lewat TaskSpy tadi.
4. Masuk directory C:\System\Mail\SrvMail.exe. hapus file SrvMail.exe
5. Sekarang masuk kedalam directory pada kartu memori, yaitu pada E:\System\Apps\MediaPlay. kamu juga akan menemukan file MediaPlay.exe (6,32 kb) dan encode.dat (79,36 kb) di sini. hapus folder MediaPlay beserta file-file didalamnya.
6. Hapus file SrvMail.exe pada directory E:\System\Mail\SrvMail.exe
7. Hapus file MediaPlay.mdl pada directory E:\System\RECOGS\MediaPlay.mdl
Dengan menghapus file-file tersebut, sekarang handphone kamu tidak akan mengirim sms terus menerus lagi. Ubah kembali setting sms yang telah diutak-atik oleh si virus tersebut.

cara pasang analog PS2 di n-gage qd




Mungkin ada yang pernah liat n-gage qd pake analog?atau ada yang mau qd-nya pake analog PS2? Berikut ini saya akan kasih tau caranya,,,
Alat dan bahan :
1. Gunting
2. Amplas kasar ama yg halus
3. Lem Alteco
4. Tutup botol Aqua atau merek lainya, kamu bias nemu di selokan atau nyari di bak sampah,,,hehehe
5. Cutter,...
6. Dan yang terakhir sipkan stik PS 2 yang
bakalan kamucopot analognyai (kalau bisa di sesuaikan agar bisa muat sama
lobang di Casing N Gage)
cara buatnya :
1. Cabut Analog dari stik PSnya, Lalu potong dan amplas biar rata
2. Lalu potong tutup botol Aqua besarnya di sesuaikan dengan besar
tombol pengendali arah pada N Gage QD Kamu.
3. Pisahkan tombol pengendali arah dari karetnya
4. Lalu pasang tutup botol yang telah dipotong pake cutter tadi pada
karet Pengendali arah pake lem alteco.
5. pasang analognya di atas tutup botol yang sudah dipasang di atas
karet pengendali arah. Tunggu sampai lem mengering.
6. Analag PS siap di pasang pada casing dan board N Gage....
Selamat mencoba,.....

cara hapus VIRUS: App. Closed AppArcServerThRead





app. Closed
AppArcServerTh Read
itu artinya ponsel atau N gage sobat telah ter injeksi virus yang bernama Locknut..^_^.. Nah cara untuk menghilangkan Locknut tersebut adalah sebagai berikut :

1. Buka aplikasi file manager seperti fileman, Fexplorer, seleQ, Xplore atau yg sejenis

2. Cari folder \SYSTEM\APPS\GAVNOdari drive c hingga e.

3. Hapus file GAVNO_CAPTION.RSC, GAVNO.RSC, dan GAVNO.APP dari folder\GAVNO.

4. Cari folder \system\apps\caribe dari drive A hingga Y.

5. Hapus file caribe.APP, caribe.RSC, FLO.MDL dari folder\caribe

6. Masuk ke folder C:\system\caribesecuritymanager.

7. Hapus file Caribe.APP, Caribe.RSC, dan CARIBE.SIS

8. Masuk ke folder C:\System\ Symbiansecuredata\ caribesecuritymanager

9. Hapus file CARIBE.APP, CARIBE.RSC, and CARIBE.SIS

10.Masuk ke folder C:\SYSTEM\RECOGS

11.Hapus file FLO.MDL

12.Masuk folder C:\

13.Hapus file FLO.MDL

14.Masuk ke folder C:\SYSTEM\INSTALLS

15.Hapus caribe.sis, patch.sis, patch_v1.sis, patch_v2.sis

Jika kamu tidak dapat menghapus file caribe.rsc, maka restart ulang dulu N gagenya dan coba lagi cara di atas….

cara n-gage pake theme



Kali ini saya akan share software untuk merubah tampilan pada nokia n-gage.soalnya,,
selama ini kan ada opini kalo n-gage itu gag bisa di pasang thema untuk merubah tampilan? iya kan? untuk kali ini saya akan kasih aplikasi aplikasi untuk merubah tampilan pada hp nokia n-gage qd & n-gage clasic,,,
1.download dulu icon pack untuk merubah tampilan icon pada n-gage QD n clasic
2.pindahkan folder aplikasi aplikasi tersebut yg berupa icon phone,sms,dll di C>>system>>apps
(gag perlu di instal)
3.sekarang tinggal menginstal wildskin animator n-gage untuk merubah taskbar pada n-gage
anda dapat merubahnya sesuai keinginan anda download softwarenya
4.INSTAL wildskin seperti biasa
5.download font remover untuk merubah rubah font pada hp symbian anda jika anda ingin merubahnya dgn
font lain disini
6.cara pasang font removernya sama dgn yg ada pada no.2
7.dan yang terakhir kita tinggal download font font nya disini
8.JALANKAN semua sesuai petunjuk dan TARAAA!!!!!! kini tampilan N_GAGE anda akan berubah lebih berwarna…..
<<<<selamat mencoba>>>>

SEJARAH INTERNET


Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Daftar kejadian penting
Tahun    Kejadian
1957
Uni Soviet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.

1958
Sebagai buntut dari "kekalahan" Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency (ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.

1962
J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Di tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer.
Awal 1960-an    Teori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.

Pertengahan 1960-an    ARPA mengembangkan ARPANET untuk mempromosikan "Cooperative Networking of Time-sharing Computers", dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun 1969, yakni Stanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah.

1965
Istilah "Hypertext" dikeluarkan oleh Ted Nelson.

1968
Jaringan Tymnet dibuat.

1971
Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.
1972
Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai "Bapak Internet"
1972-1974
Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.
1973
ARPANET ke luar Amerika Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.

1974
Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".
1974
Bolt, Beranet & Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.
1977
Sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET.
1978
Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP).

1979
Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis.
Di tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.

Awal 1980-an    Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia.
Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung.
Layanan BITNET (Because It's Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP).
CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.
1982    Istilah "Internet" pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut.
Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut.
Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.
1986    Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.   
Kejadian penting lainnya
Tahun 1971, Ray Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, ikon "@" juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator.
Jaringan Komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang saling berhubungan. Informasi dan data dihubungkan melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar informasi, dokumen, dan data, serta mencetak dengan printer yang sama. Selain itu, juga dapat bersama-sama menggunakan hardware atau software yang terhubung jaringan.
Jaringan komputer pada era globalisasi ini hampir merupakan suatu keharusan, karena penggunaan jaringan komputer dapat membantu pengguna komputer bekerja lebih cepat, praktis, dan efisien baik tenaga maupun waktu.

Jaringan Komputer ada 3 Jenis :

1. LAN (Local Area Network).
    Suatu jaringan yang menggabungkan antara perangkat keras dengan perangkat lunak setiap komputer dengan menggunakan data yang sama dan mempunyai kecepatan transfer data yang tinggi agar dapat berkomunikasi (SHARING) dalam area kerja tertentu.
Area yang termasuk lingkup LAN antara lain :
- Kantor
- Lab
- Gedung
- Sekolah
- Universitas
- Restaurant
- dsb..


2. MAN (Metropolitan Area Network).
    Merupakan sistem jaringan komputer yang mempunyai area kerja antarkota dalam satu provinsi. Area jaringan MAN lebih besar daripada area jaringan LAN. Jaringan MAN berguna untuk membangun jaringan di kantor-kantor dalam wilayah satu kota, gedung, pabrik, kampus, dan kantor pusat yang masih berada dalam area jangkauannya.

  Dalam hal ini, jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam area yang lebih besar, seperti jaringan Bank BRI di Solo, bisa berhubungan dengan Bankk BRI cabang di Sukoharjo.

3. WAN (Wide Area Network).

  Maerupakan jaringan komputer yang ruang lingkupnya mencapai antarprovinsi bahkan antarnegara. Biasanya, jaringan ini menggunakan sarana satelit atau kabel bawah laut. Misalnya, penggunaan jaringan WAN pada jaringan Bank ABN UMRO, dimana mempunyai anak cabang di Indonesia bisa berhubungan dengan Pusat di Belanda.


Untuk membangun jaringan LAN dibutuhkan beberapa komponen penting, yaitu:
1. Komputer Server
    Suatu komputer yang dijadikan pusat yang berisi program dan data. Berfungsi sebagai penyedia layanan kepada komputer lain.
2. Komputer Workstation
    Komputer yang dijadikan sebagai client, sebagai pengolah data yang diakses dari komputer server.
3. LAN Card atau NIC (Network Interface Card)
    Sebuah hardware untuk melakukan komunikasi antar server atau jaringan.
4. Hub
    Untuk menghubungkan beberapa segmen ethernet menjadi satu segment. Dalam hal ini, komputer yang terhubung ke sebuah Hub melakukan pertukaran data secara bergantian.
5. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
    Untuk menghubungkan komputer dalam suatu jaringan.
6. Konektor RJ 45
    Merupakan penghubung atau konektor kabel UTP.

Selain komponen perangkat keras tersebut, peralatan lain yang dibutuhkan untuk meningkatkan atau memperluas jaringan sbb:

1. Switch
    Untuk mengalokasikan lalu lintas data dari setiap segmen jaringan ke jaringan tujuan. Dengan menggunakan Switch, lalu lintas data dari dan ke beberapa segmen jaringan dapat dilakukan secara bersamaan.

2. Repeater
    
   Merupakan periferal jaringang untuk mengulangi sinyal yang diterima sebelum dikirim ke alamat tujuan dalam sistem jaringan. Repeater ini dapat tergabung dalam hub yang sering disebut dengan hub aktif.
3. Bridge

   Merupakan periferal jaringan yang menghubungkan beberapa segmen jaringan sepanjang jalur data. Periferal ini digunakan untuk menggabungkan beberapa jaringan.

4. Router

   Untuk memilih jaringan tujuan dan meneruskan pengiriman paket data pada jaringan khusus. Router hanya dapat bekerja berdasarkan sebuah protokol jaringan. Periferal ini juga digunakan untuk menggabungkan beberapa jaringan.

5. Gateway

   Alat yang dipakai jika lapisan OSI dari dua buah jaringan LAN benar-benar tidak identik. OSI merupakan suatu standar komunikasi antarmesin yang terdiri dari 7 lapisan. Jika OSI berasal dari jaringan yang berbeda, maka jaringan menggunakan arsitektur yang berbeda pula. Hal ini berarti ketujunh lapisan OSI juga berlainan. 
Topologi Star
Sabtu, 29 November 2008 19:14 Lucky Permana Artikel - Komunikasi Data
Berbeda dengan Topologi Mesh, perangkat pada topologi star tidak langsung terhubung satu sama lain, tetapi melalui perangkat pusat pengendali (central controller) yang biasa disebut dengan HUB.
Pada topologi star, HUB berfungsi layaknya seperti pengatur lalu lintas. Jika satu komputer ingin mengirimkan data ke komputer lainnya maka data tersebut dikirimkan ke HUB terlebih dahulu, yang kemudian meneruskannya ke komputer tujuan (lihat gambar).
Dengan bentuk hubungan seperti itu, kabel yang diperlukan hanyalah sebanyak komputer dalam jaringan dan port I/O juga cukup hanya satu di setiap komputer. Sehingga banyaknya kabel link dan port I/O menjadi lebih sedikit yang berarti bahwa biaya yang dibutuhkan menjadi tidak semahal seperti pada topologi mesh.
Keuntungan lainnya, topologi star ini juga memiliki sifat robustness, yaitu jika terjadi kerusakan pada satu link, maka hanya berakibat pada komputer yang berada pada jalur link itu saja, sedangkan komputer lainnya tetap aktif. Sepanjang tidak ada masalah dengan HUB, dengan sifat ini maka kerusakan link dapat segera diketahui dan diisolir.
Kelemahannya, karena topologi star ini sangat bergantung kepada HUB sebagai pusat pengendali, maka HUB harus selalu berada dalam kondisi baik. Kerusakan pada HUB berakibat pada "lumpuhnya" seluruh link dalam jaringan sehingga komputer tidak dapat saling berkomunikasi.
ne.com) Topologi Ring
Penempatan kabel yang digunakan dalam ring menggunakan desain yang sederhana. Pada topologi ring, setiap komputer terhubung ke komputer selanjutnya, dengan komputer terakhir terhubung ke komputer yang pertama. Tetapi sayangnya, jika akan dilakukan penambahan atau pengurangan komputer dalam jaringan tentu saja akan mengganggu keseluruhan jaringan.
Topologi ring digunakan dalam jaringan yang memiliki performance tinggi, jaringan yang membutuhkan bandwidth untuk fitur yang time-sensitive seperti video dan audio, atau ketika performance dibutuhkan saat komputer yang terhubung ke jaringan dalam jumlah yang banyak.


Bagaimana Jaringan Ring Bekerja
Setiap komputer terhubung ke komputer selanjutnya dalam ring, dan setiap komputer mengirim apa yang diterima dari komputer sebelumnya. Pesan-pesan mengalir melalui ring dalam satu arah. Setiap komputer yang mengirimkan apa yang diterimanya, ring adalah jaringan yang aktif. Tidak ada akhir pada ring.
Beberapa jaringan ring melakukan token passing. Pesan singkat yang disebut dengan token dijalankan melalui ring sampai sebuah komputer menginginkan untuk mengirim informasi ke komputer yang lain. Komputer tersebut lalu mengubah token tersebut, dengan menambahkan alamatnya dan menambah data, dan mengirimnya melalui ring. Lalu setiap komputer secara berurutan akan menerima token tersebut dan mengirimkan informasi ke komputer selanjutnya sampai komputer dengan alamat yang dituju dicapai atau token kembali ke komputer pengirim (asal pengirim pesan). Komputer penerima akan membalas pesan ke asal pengirim pesan tadi mengindikasikan bahwa pesan sudah diterima. Lalu asal pengirim pesan akan membuat token yang lain dan menaruhnya di dalam jaringan, dan token tersebut akan terus berputar sampai ada komputer lain yang menangkap token tersebut dan siap untuk memulai pengiriman.
Keuntungan dari penggunaan Topologi Ring
Keuntungan dari penggunaan topologi ring:
•    Tidak ada komputer yang memonopoli jaringan, karena setiap komputer mempunyai hak akses yang sama terhadap token.
•    Data mengalir dalam satu arah sehingga terjadinya collision dapat dihindarkan.

Kekurangan dari penggunaan Topologi Ring
Topologi ring mempunyai kekurangan sebagai berikut:
•    Apabila ada satu komputer dalam ring yang gagal berfungsi, maka akan mempengaruhi keseluruhan jaringan.
•    Sulit untuk mengatasi kerusakan di jaringan yang menggunakan topologi ring.
•    Menambah atau mengurangi komputer akan mengacaukan jaringan.
•    Sulit untuk melakukan konfigurasi ulang.

pembunuhan berantai berhubungan dengan matematika


London – Matematikawan menemukan, pola membunuh pembunuh berantai nampaknya lekat pada rumus matematika. Ritme pembunuh ini kini terungkap. Ingin tahu?
Alasan pembunuh membunuh lekat pada fungsi matematika yang dikenal sebagai ‘tangga iblis’ di mana menunjukkan pembunuh berantai bekerja dengan ‘ritme’ yang didorong neuron dalam otak.
Pola sel otak ini serupa pola epilepsi, bedanya, dorongan yang muncul adalah dorongan untuk menyerang. Pembunuh ini lebih cenderung membunuh lagi setelah pembunuhan pertama.
“Kami menyimpulkan, serupa guncangan epilepsi, dorongan membunuh muncul secara terus menerus dari sejumlah neuron otak,” kata peneliti M V Simkin dan V P Roychowdhury dari UCLA seperti dikutip DM.
Menurut mereka, aksi pembunuhan tak akan terjadi saat rangsangan neural mencapai batas tertentu.
“Pembunuh butuh waktu untuk merencanakan dan menyiapkan kejahatannya. Kami menyimpulkan, pembunuhan akan terjadi saat rangsangan melebihi batas atau pembunuh melatih efek rangsangan pada pembunuh,” tutup mereka.

sumber:inilah.com